PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs MA’ARIF NU 1 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | MAESYAROKH SAPUTRI, NIM.1323308019 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2643/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2643/2/MAESYAROKH%20SAPUTRI_PELAKSANAAN%20PENDIDIKAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2643/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga serta rasa dankarsa. Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral dan pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik, buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja merupakan lembaga pendidikan yang tepat untuk memunculkan atau menanamkan pendidikan karakter peserta didik sehingga dapat membentuk generasi bangsa nantinya yang membentuk manusia yang unggul, terampildanIslamisesuaidenganVisi MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017 ?” Jenispenelitianini adalah penelitian kualitatif model Milles and Hubberman dengan teknik pengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi, sedangkanteknikanalisis data menggunakanteknikanalisis model yang meliputireduksi data, penyajian data danverifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa, strategi pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja dilakukan secara terpadu melalui dua tahap, yaitu pengintegrasian pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran dan pengintegrasian pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri. Pengintegrasian pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri diimplementaskan kedalam dua bentuk kegiatan, yaitu kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram. Kegiatanterprogram dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik melalui layanan bimbingan konseling dan ekstrakurikuler. Kegiatan tidak terprogram dilakukanpeserta didik dalam bentuk kegiatan rutin, kegiatanspontandanketeladanan.. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional bahwa nilai-nilai karakter yang diimplementasikan dalam pembiasaan sehari-hari peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja diantaranya adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerjasama, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingintahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab.