IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI TASMIRUSSIBYAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Khairun Nisa, 1323305061 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2639/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2639/2/KHAIRUN%20NISA_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20NUMBERED%20HEAD%20TOGETHER%20%28NHT%29%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2639/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif dimana pelaksanaanya melalui beberapa langkah yakni, pembuatan kelompok dimana setiap anggota dalam kelompok diberi nomor dengan tujuan untuk mengecek pemahaman siswa dalam mempelajari materi tertentu, pemberian tugas dan diskusi kelompok, serta penunjukan nomor yang sama dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi. Tujuan dari NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban paling tepat. Selain itu untuk meningkatkan kerja sama siswa. NHT juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika di kelas IV dan kelas V MI Tasmirussibyan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika dengan langkah-langkah pembagian kelompok dan penomoran, pemberian tugas dan diskusi, penunjukan nomor dan presentasi, serta kesimpulan yang dapat berjalan dengan baik. Hal ini terlihat ketika pembelajaran terjadi siswa cenderung aktif dan berpartisipasi dengan baik. Mereka saling membantu dan bekerja sama sesama anggota kelompok dan memiliki antusias dalam mengikuti pembelajaran.