PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELJARN FIQIH DI MTS MODERN AL-AZHARY ISLAMIC BOARDING SCHOOL AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | SUKMA PUJI NURATNA, 1323301054 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2622/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2622/2/SUKMA%20PUJI%20NURATNA_PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2622/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah adanya penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di MTs modern Al-Azhary (Islamic Boarding School) Ajibarang di kelas VIII B dan kelas VII B yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi dan dapat melibatkan semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII B dan VII B MTs modern Al-Azhary Ajibarang, rata-rata siswa mampu berperan aktif dalam suatu pembelajaran dan menjadikan nilai akademik siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini aalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di MTs modern Al-Azhary (Islamic Boarding School) Ajibarang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII B dan VII B MTs moern Al-Azhary Ajibarang. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapa saja yang membacanya serta dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian yang selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di MTs modern Al-Azhay Ajibarang diperoleh hasil bahwa guru Fiqih di kelas VIII B dan VII B MTs modern Al-Azhary Ajibarang telah menggunakan model pembelajaran kooperataif dengan empat tipe yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD), Think Pair Share (TPS), Number Heads Together (NHT), dan tipe Jigsaw.