INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI MAN PURWOKERTO 2

Main Author: Qurrota A’yun, 1323301024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2621/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2621/2/QURROTA%20A%27YUN_INTERNALISASI%20NILAI-NILAI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2621/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian yang penulis lakukan berfokus pada internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah di MAN Purwokerto 2. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini yakni melihat maraknya kejahatan yang kerap terjadi menjadi masalah yang harus diteliti dan akar dari tindakan yang jahat dan buruk terletak pada hilangnya karakter. Maka dari itu nilai-nilai karakter sangatlah penting tertanam pada diri seseorang khususnya peserta didik karena peserta didik adalah generasi penerus bangsa. Nilai-nilai karakter dapat diinternalisasikan melalui berbagai cara, salah satunya melalui program ekstrakurikuler disekolah khususnya ekstrakurikulerh hadrah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Internalisasi Nilai-nilai Karakter Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler Hadrah di MAN Purwokerto 2. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MAN Purwokerto 2. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiridari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik dalam ekstrakurikuler hadrah di MAN Purwokerto 2 terealisasikan dengan baik. Didalamnya terdapat sembilan nilai karakter yang diinternalisasikan. Adapun sembilan nilai tersebut yaitu; Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Rasa Ingin Tahu, Kreatif, Menghargai Prestasi, Peduli, dan Tanggung Jawab. Kesembilan nilai tersebut diinternalisasikan melalui beberapa cara diantaranya seperti pembiasaan, nasihat, pengawasan dan keteladanan.