PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SANTRI USIA REMAJA DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ‘ULUM DESA TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | SITI MA’RIFAH SUSIATUN, 1123301039 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/262/1/Cover_BabI_BabV_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/262/2/SITI%20MA%27RIFAH%20SUSIATUN_PEMBINAAN%20AKHLAKUL%20KARIMAH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/262/ |
Daftar Isi:
- Keberadaan orang tua, lingkungan serta pendidikan merupakan hal penting dalam tumbuh kembang anak. Sejumlah faktor yang berasal dari keluarga dan lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan dan perilakunya dalam kehidupan. lingkungan-lingkungan yang ada pada saat ini lebih banyak yang di anggap sebagai penyebab terjadinya degradasi akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembinaan akhlakul karimah pada santri usia remaja di pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum dan hasil dari pembinaan aklhakul karimah pada santri usia remaja di pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengasuh, Ibu Nyai, Ustadz/Ustadzah dan santri pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan setelah proses pengumpulan data. Dengan demikian pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan diikuti oleh pekerjaan menuliskan, mengedit, mengklarifikasi, mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan akhlakul karimah pada santri usia remaja di pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum dilakukan melalui berbagai kegiatan yaitu 1) hafalan doa-doa dan sholawat, hafalan juz „ama, hafalan suratan tertentu dalam Al-Qur‟an, hafalan doa-doa wudhu dan sholat, hafalan nadzoman-nadzoman, shalat berjama‟ah setiap sholat lima waktu, shalat sunah, tahlil dan ziarah kubur, menjaga kebersihan, pelatihan berpidato, berbahasa krama dan penanaman sifat-sifat terpuji. 2) materi yang di ajarkan yang berkaitan dengan pembinaan akhlakul karimah, akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap lingkungan. 3) metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat, metode pemberian perhatian/pengawasan, dan metode pemberian hukuman. Pembiasaan akhlakul karimah di pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dibuktikan dengan kebiasaan dan perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari mereka. Anak-anak yang mengikuti pendidikan di pondok pesantren Mamba‟ul „Ulum sopan dalam tutur katanya, sopan dalam penampilan dan selalu mengerjakan shalat lima waktu. Kata kunci: Pembinaan akhlakul karimah, Santri usia remaja, Pondok pesantren Mamba’ul ‘Ulum.