PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | Amelia Rahma Pratiwi, 1323301188 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2613/1/AMELIA%20RAHMA%20PRATIWI_PENGARUH%20GAYA%20MENGAJAR%20GURU%20TERHADAP%20MINAT%20BELAJAR%20SISWA%20MATA%20PELAJARAN%20SEJA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2613/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2613/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Gaya mengajar guru sebagai syarat mutlak untuk efektifnya sebuah pembelajaran yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, serta mengetahui adakah pengaruh antara gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diisi oleh siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru A menggunakan gaya mengajar Interaksional dan guru B menggunakan gaya mengajar personalisasi. Sedangkan minat belajar siswa A berada pada kategori tinggi dan minat belajar siswa B berada pada kategori cukup tinggi. Berdasarkan nilai sig guru A sebesar 0,000 dan 0,006 serta guru B sebesar 0,000 dan 0,004 lebih kecil dari α = 0,025. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga.