PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: laela febriyani, 1323301247
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2609/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2609/2/LAELA%20FEBRIYANI_PENANAMAN%20NILAI-NILAI%20AGAMA%20ISLAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2609/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang dengan adanya berbagai kegiatan keislamannya bisa menumbuhkan dan mendorong peserta didik untuk selalu mengamalkan Nilai-Nilai Agama Islam, baik di sekolah maupun diluar sekolah. Hal ini ditandai dengan perubahan tingkah laku peserta didik yang dari perilaku buruk menjadi lebih baik dan dapat mengaplikasikannya di luar sekolah. Dan ini menjadi alasan para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMK Muhammadiyah karna tidak hanya pintar di bagian akademik dan non akademik tetapi juga dalam hal keagamannya. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya dan proses penanaman Nilai-nilai Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas? Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkanseluruh data yang kemudian menganalisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai islam pada peserta didik dilakukan dengan cara menanamkan moral spiritual dan kedisplinan dalam bentuk kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, upaya penanaman nilai-nilai Islam dilakukan dengan pemberian materi pelajaran Agama dengan pemahaman yang diharapkan bisa dipahami kemudian dipraktekkan dan diamalkan, tidak hanya itu penanaman Nilai-nilai Agama Islam juga dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler diantaranya kegiatan Mubaligh yaitu kegiatan kajian keislaman setiap Jum`at pagi, TPQ yaitu pelatihan membaca Iqro, Tilawatil Qur,an untuk seni membaca Al-Qur`an dengan nada yang indah dan ada juga ekstra kepanduan hizbul wathan (HW) untuk membentuk karakter disiplin peserta didik. Dan mewajibkan peserta didik untuk selalu shalat dhuhur berjama`ah dan membaca Al-qur’an setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. Untuk mendukung upaya tersebut maka dilakukan pembiasaan, keteladanan, menasihati membimbing dan mengingatkan.