PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 138 JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Siti Rohani, 1323301225 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2581/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2581/2/SITI%20ROHANI_PENANAMAN%20NILAI-NILAI%20AGAMA%20ISLAM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2581/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan aset penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, mulai dari kebutuhan individu maupun kebutuhan kelompok untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Upaya menanamkan nilai-nilai agama pada seorang anak tentunya bukanlah suatu perkara yang mudah dan dapat dilakukan sepintas selalu sambil kita melakukan hal-hal yang dirasa lebih utama. Menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak adalah sebuah upaya membentuk karakter manusia, manusialah yang nantinya akan membentuk masyarakat dan bangsa. Jika karakter manusianya baik maka akan baik juga masyarakat dan bangsanya, begitupun sebaliknya. TK Diponegoro 138 Jipang adalah salah satu sekolah yang sudah mencerminkan adanya penanaman nilai-nilai keagamaan, disamping memberikakan ilmu pengetahuan. Pada waktu penulis melakukan observasi awal penulis menjumpai bahwa siswa-siswi menggunakan seragam sekolah yang sudah menutupi aurat (berhijab bagi anak perempuan), bersalaman dengan ibu guru ketika hendak masuk kelas, mengucapkan salam jika bertemu dengan ibu guru, adanya kegiatan rutin hafalan surat pendek dan asmaul husna sebelum pembelajaran dimulai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru masing-masing kelas. Sedangkan objek penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah nilai-nilai yang ditanamkan meliputi: nilai aqidah/keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Adapun materi yang ditanamkan yaitu materi pengenalan terhadap Allah, pengenalan terhadap Nabi dan Rasul, hafalan surat pendek dan Asmaul Husna, infak jum’at, bersalaman dan mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru, menutup aurat, dan berkata baik dan sopan. Sedangkan dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat.