PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN DALAM PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI SDIT MUHAMMADIYAH CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Linda Yuliani, 1323301066
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2574/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTARA%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2574/2/LINDA%20YULIANI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20RELIGIUS%20DAN%20DISIPLIN%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2574/
Daftar Isi:
  • Dalam memasuki era globalisasi ini, manusia dalam kehidupan sehari-hari syarat dengan berbagai kesibukan dan kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan persaingan hidup semakin tajam. Namun yang perlu disadari bahwa keterampilan dalam penguasaan teknologi itu harus diimbangi dengan imtaq atau keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Untuk itu SDIT Muhammadiyah Cipete, Cilongok, Banyumas menerapkan pendidikan karakter religius dan disiplin dalam pembiasaan shalat dhuha. Melalui kebijakan tersebut diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai karakter religius dan disiplin terhadap siswa agar siswa memiliki akhlak dan perilaku yang baik yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Kepala sekolah dibantu segenap guru menjalankan kebijakan pembiasaan shalat dhuha terhadap seluruh siswa setiap hari. Selain melalui pembiasaan shalat dhuha, pihak sekolah juga menerapkan pendidikan karakter terhadap siswa melalui kegiatan-kegiatan lain yang bersifat keagamaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter religius dan disiplin dalam pembiasaan shalat dhuha di SDIT Muhammadiyah Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas? Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif analitik yang berartiinterpretasi terhadap isi dibuat dan disusun secara sistematik/menyeluruh dan sistematis. Hasil dari penelitian menggambarkan pendidikan karakter penanaman nilai karakter religius dan disiplin yang diimplementasikan dalam kebijakan pembiasaan shalat dhuha dan didukung juga melalui kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Proses pendidikan karakter melalui pembiasaan shalat dhuha dilaksanakan secara terjadwal setiap hari terhadap seluruh siswa dan guru tanpa terkecuali. Peran kepala sekolah, guru dan orang tua siswa sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. Dengan demikian dampak dari proses pendidikan karakter religius dan disiplin terhadap siswa dapat terwujud secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari.