EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Fifi, Fatnala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2498/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2498/2/FIFI%20FATMALA_EFEKTIVITAS%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20NUMBERED%20HEADS%20TOGETHER%20%20DALAM%20PEMBEL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2498/
Daftar Isi:
  • Penggunaan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dalam pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Cilongok kurang membuat siswa aktif. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu modelpembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan siswa dalampembelajaran IPA yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHeads Together. Model pembelajaran kooperatif ini dapat membuat siswaberpartisipasi aktif sebab selama pembelajaran siswa saling bekerja sama dalamsuatu kelompok. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Bagaimanakah efektivitas pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan hasil belajar IPA Kelas V di MI Ma’arif NU 1 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas apabila dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran yang berpusat pada guru yang diterapkan di sekolah tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Ma’arif NU 1 Cilongok tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 58 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Control Group Experiment yang diterapkan dalam control group pretest and posttest design. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis karena sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji t data N Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil posttest kelas eksperimen 84, 26 dan kelas kontrol 74, 64. Sedangkan hasil uji t data posttest dan N Gain diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0, 05 yang membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA.