PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI GUPPI TALAGENING KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: RINA, NIM. 1323305068
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2479/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2479/2/R%20I%20N%20A%20_%20Pengaruh%20Perhatian%20Orang%20Tua%20terhadap%20Prestasi%20Belajar%20Siswa%20di%20MI%20GUPPI%20Talagening%20Kec.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2479/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan seorang siswa dalam mencapai prestasi belajarnya tidak hanyadi pengaruhi dari kegiatan pembelajarannya di sekolah, namun dapat juga dipengaruhi dari lingkungan sekitar. Salah satunya adalah lingkungan keluarga terutama orang tua.Orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang atau tidak berhasil dalam belajarnya. Perhatian orang tua kepada anak dalam kegiatan belajarnya memiliki peranan yang penting. Anak cenderung akan lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam belajarnya, karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atautidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MI GUPPI Talagening Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode survey.Obyek dari penelitin ini adalah perhatian yang diberikan oleh orang tua siswa MI GUPPI Talagening.Denganjumlahsampel 59 siswa yang terdiridarikelas V dan VI.Teknikp engumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket ,observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan besarnya R Square adalah 0,255, yang artinya pengaruh variabel X (perhatian orang tua) terhadap variabel Y (prestasibelajarsiswa) adalah 25,5%. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan Y = 38,368 + 0,455 X, yang artinya jika tidak ada kenaikan nilai padavariabel X, makanilaivariabel Y adalah 38,368. Dan koefisiensebesar 0,455 menyatakan bahwa setiap penambahan satu nilai pada variabel X akan memberikan kenaikan pada variabel Y sebesar 0,455. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di