IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI TASMIRUSSIBYAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: LELYKA NUR VALENTIN, NIM, 1323305054
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2475/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2475/2/LEYLYKA%20NUR%20VALENTIN_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20TALKING%20STICK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2475/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas IV MI Tasmirussibyan, merupakan kelas yang sudah menerapkan strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV di MI Tasmirussibyan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MI Tasmirussibyan Kecamatan kemranjen Kabupaten Banyumas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Strategi Talking Stick apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu peneliti melihat secara langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi strategi Talking Stick. Objek dalam penelitian ini adalah strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Tasmirussibyan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, implementasi strategi Talking Stick padamata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan tigatahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi Talking Stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Semua rangkaian penerapan strategi Talking Stick tersebut sudah berjalan secara efektif dan efisien terbukti dengan peserta didik yang lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.