IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA'ARIF NU 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Eka Sugih Arti, NIM. 1123308078 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2440/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2440/2/EKA%20SUGIH%20ARTI_IMPLEMENTASI%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2440/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penulisan skripsi ini didasarkan pada sebuah pemikiran bahwa belajar merupakan suatu proses yang alami bagi manusia, yang dilandasi dengan adanya perubahan tingkah laku yang lebih baik karena kegiatan belajar bukanlah sekedar mengumpulkan pengetahuan. Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang tepat diterapkan pada mata pelajaran PAI adalah pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif dapat diartikan sebagai belajar bersama-sama, saling membantu antar satu dengan yang lain dan memastikan bahwa setiap orang dalam kelompok mampu mencapai tujuan atau menyelesaikan tugas yang telah ditentukan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti implementasi pembelajaran kooperatifpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma'arif NU 1 Purwokerto. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui implementasi pembelajaran kooperatifpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma'arif NU 1 Purwokerto. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VII SMP Ma'arif NU 1 Purwokerto Jenis penelitianini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: implementasi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Ma'arif NU 01 Purwokerto di terapkan pada materi "tata cara shalat" pembelajaran kooperatif yang digunakan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD). Hal ini dapat dilihat dari siswa yang ditempatkan dalam kelompok belajar beranggotakan empat atau lima siswa yang merupakan campuran dari kemampuan akademik yang berbeda sehingga dalam setiap kelompok terdapat siswa yang berprestasi tinggi, sedang, dan rendah.