PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS REMAJA OLEH POSDAYA BERBASIS MASJID DI DESA PURBAYASA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: Angga Feri Setyawan, 1123301184
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2399/1/ANGGA%20FERI%20SETYAWAN_PENDIDIKAN%20NILAI%20RELIGIUS%20REMAJA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2399/2/COVER_DAFTAR%20ISI_ABSTRAK_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2399/
Daftar Isi:
  • Latarbelakangpenelitianinimunculberangkatdarikenyataanbahwaposdaya Ar-Rahman inimempunyai program-program pendidikan yang dapatmembentukpara remaja di posdaya Ar-Rahman ini memiliki nilai religius yang sesuaidenganajaran-ajaranIslam.Selaindari program kegiatankeagamaanadajuga program ekstra dimana program inisangatberkaitandenganskilsremajanantinyaakanmembanturemajadalammembentukkepribadiannyamenjadimuslimsejati, dandapatmengaplikasikandanmeneruskan yang sudahmenjadikebiasaanbaik di lingkunganposdaya, keluarga, maupun di lingkunganmasyarakat. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) yang bersifatkualitatifdeskriptif, denganmengambillokasipenelitian di PosdayaAr-RahmanDesaPurbayasa.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Pengumpulan data dilakukandenganmenggalisumber data yaitu ketua posdaya, pembina posdaya, ketua remaja posdaya, orangtua remaja anggota posdaya dan anggota remaja posdaya, jugapengamatanterhadapkegiatan di posdaya.Adapunobjekpenelitianiniadalahpendidikannilaireligiusremaja di PosdayaAr-RahmanDesaPurbayasa. Hasilpenelitianmenunjukan: 1) Bentukkegiatan-kegiatan yang dapatmembentukkepribadianmuslimremaja, yang manadilaksanakansecarakontinuedansudahterjadwal, yang terdiridarikegiatan-kegiatankeagamaandankegiatanekstra(skiils) yang manadilaksanakandengankeseharian, mingguan, bulananbahkanjangkawaktu yang panjang. 2) Metode yang digunakanyaitupembiasaan, keteladanan, nasehat, perhatian/pengawasandanhukuman. 3) Faktorpendukungpendidikannilaireligiusremajaantaralain rasa tanggungjawab yang tinggidaripengasuh, pengurusdan pembina di posdaya, adanyakegiatankeagamaan yang sudahterorganisir, baikkegiatankeagamaanmaupunekstra, danhubungan yang baikantaraposdaya Ar-Rahman denganwargamasyarakatsekitar. 4) Faktorpenghambatantaralainmasihminimnyafasilitas yang ada, masihkurangnyakesadaran remaja terhadapkegiatan yang ada, pengaruhnegatifdariluar.