PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA MERENG KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG SKRIPSI
Main Author: | Muhammad Ibaad, : 092338164 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2386/1/RITMA%20SAFITRI_TINJAUAN%20HUKUM%20ISLAM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2386/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2386/ |
Daftar Isi:
- Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Jurusan / Prodi : Tarbiyah / S1 PAI Institua Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto. MA Nurul Huda dalam bidang akhlak madrasah menerapkan aturan yang menuntut siswa agar berperilaku / berakhlak baik, misalnya tata cara pakaian yang harus rapi dan menutup aurat, harus membiasakan menggunakan bahasa yang santun, bahkan dalam berkendara juga dibuat aturan. Pembinaan ahklak yang penulis maksudkan dalam skripsi ini adalah proses kegiatan yang dilakukan oleh madrasah dalam hal ini pembinaan akhlak dilakukan oleh Satuan Pelaksanaan Pembelajaran Keagamaan (STP2K), STP2K meliputi Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, pembina OSIS, guru BP/BK dan semua guru dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan pendidikan akhlak siswa atau tingkah laku yang kurang sesuai dengan tuntunan agama. Dalam penelitian skripsi ini akan di bahas ; bentuk-bentuk program pembinaan akhlak siswa di MA Nurul Huda Mereng Warungpring Pemalang, dan implementasi program pembinaan akhlak siswa di MA Nurul Huda Mereng Warungpring Pemalang. Penelitian ini adalah tergolong jenis penelitian deskriftif kualitatif yang pendekatan ini digunakan karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan bukan angka-angka. Berdasarkan sifat masalahnya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai antara lain; metode observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan; pertama, Dalam memahami bentuk-bentuk pembinaan akhlak di MA Nurul Huda Mereng yang berkaitan langsung dengan khlak/perilaku siswa dapat dijabarkan dalam dua bentuk, yaitu Sopan santun terhadap guru dan warga madrasah lainnya, dan akhlak / perilaku siswa terhadap tata tertib yang berlaku, dalam pola pelaksanaannya mengacu kepada 5 jenjang langkah dalam internalisasi pembinaan nilai moral atau akhlak, yaitu Receiving (Penerimaan), Responding (Menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”, Valuing (Menilai = menanggapi), artinya memberikan nilai atau memberikan penghargaan terhadap suatu kegiatan, Organization (mengatur atau mengorganisasikan), dan Characterization by a Value or Value Complex (Karakterisasi dengan suatu nilai atau kompleks nilai), yakni keterpaduan semua nilai yang telah dimiliki seseorang, yang memepengaruhi pola kepribadian dan tingkah lakunya. Kedua, Penerapan pembinaan akhlak di MA Nurul Huda Mereng Warungpring Pemalang dilaksanakan dalam kegiatan : Pembiasaan penanaman etika terhadap guru, Doa bersama, Sholat Berjama’ah, kegiatan shalat berjamaah ini meliputi ; Kegiatan shalat dhuha berjama’ah, dan Kegiatan sholat dhuhur berjama’ah, kegiatan Tadarus Al Qur’an dan Tilawah Al Qur’an. Ketiga, kegiatan pembinaan akhlak pembiasaan di MA Nurul Huda Mereng Warungpring Pemalang sangat berdampak positif bagi madrasah sebagai intitusi, siswa, guru, orangtua dalam mencapai tujuan pendidikan madrasah.