PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI NURUL HUDA MENDALA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES
Main Author: | Yu’la, Azkiya Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2371/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2371/2/YU%27LA%20AZKIYA%20PUTRI_PERAN%20GURU%20DALAM%20PELAKSAAN%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20DI%20MI%20NURUL%20HUDA%20MENDALA%20KECAMA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2371/ |
Daftar Isi:
- Guru sangat berperan dalam membentuk perkembangan peserta didikkeberhasilan ataupun kegagalan dalam dunia pendidikan dapat dialamatkan kepada guru. Begitu pula dalam hal pendidikan karakter, guru mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Peran Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MI Nurul Huda Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimanapeneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menjelaskan tentangperan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter meliputi guru sebagai teladan, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai dinamisator, dan guru sebagai evaluator. Peran guru dalam pendidikan karakter telihat pada internalisasi nilai-nilai karakter: nilai religious, nilai tanggung jawab, nilai disiplin, dan nilai peduli sosial. Adapun hambatan kerjasama guru dan wali murid, faktor lingkungan, pengaruh media massa, dan fasilitas sekolah.Saran yang diberikan adalah guru selalu mengotrol dan mengecek setiap kegiatan siswa. Perbaikan dan penambahan fasilitas sekolah perlu dilakukan untuk menunjang pelaksanaan pendidikan karakter