Pola Komunikasi Kyai dan Santri dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muzani Karangjati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap
Main Author: | Fajar Hidayaturrochman, 1223301034 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2354/1/FAJAR%20HIDAYATUROCHMAN_POLA%20KOMUNIKASI%20KYAI%20DAN%20SANTRI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2354/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2354/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia ketika bersosialisasi. Dalam proses pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari komunikator (guru) kepada komunikasn (siswa) dengan menggunakan saluran media tertentu. Tanpa komunikasi maka tidak akan tercapai secara maksimal dalam mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan. Akan tetapi untuk mencapai hal tersebut tidak boleh melakukan komunikasi secara sembarangan, diperlukan pola dan metode komunikasi yang tepat sebagai penyokong kebutuhan pesan oleh seorang kyai kepada santrinya. Oleh karena itu, penulis merumuskan tentang pola komunikasi dan metode yang digunakan oleh kyai dan santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muzani Karangjati kecamatan Sampang kabupaten Cilacap? Adapaun yang diangkat berhubungan dengan pola komunikasi itu sendiri, dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan lapangan, wawancara dan dokumentasi di Pondok Pesantren Darul Muzani secara langsung. KH. Abdul Mughits, sebagai seorang kyai di pondok pesantren Darul Muzani dalam proses pembelajaran menggunakan berbagai macam bentuk atau pola komunikasi dan metode yaitu pola komunikasi interpersonal, pola komunikasi kelompok kecil dan pola komunikasi intruksional, semua komunikasi yang digunakan oleh kyai dilakukan secara tatap muka melalui lisan dan komunikasi seperti ini sangat efektif dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar ruangan. Kemudian metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, metode penugasan, metode menyimak, metode demonstrasi, metode motivasi.