IPLEMENTASI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MI MA’ARIF NU BANJARAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | Ongko Purwoko, 1123305001 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2352/1/ONGKO%20PURWOKO_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20GUIDED%20NOTE%20TAKING.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2352/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2352/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan strategi dalam proses pembelajaran adalah sesuatu yang penting dan yang harus sering dilakukan oleh guru agar dalam proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Karena jika proses pembelajaran dilakukan secara monoton siswa akan cepat bosan dan akhirnya pembelajaran menjadi tidak kondusif. Adapun masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Strategi Guided Note Taking dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk menggali dan menghayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan metode dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian ini adalah implementasi strategiGuided Note Taking dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran , sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala Madrasah. Hasil dari penelitianmenunjukanbahwa proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategiGuided Note TakingdalampembelajaranIPA kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran pada pertemuan pertama sudah sesuai teori yang penulis paparkan di bab II, pada pertemuan ke II dan ke III guru menggunakan variasi dalam menerapkan strategi Guided Note Taking. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai tujuan setrategi pembelajaran Guided Note Taking. Pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi Guided Note Taking dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, Prota, Promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran seperti kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, pada akhir pembelajaran melakukan evaluasi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU Banjaran telah berhasil menerapkan strategi Guided Note Takinguntuk menjadikan siswa berperan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.