RETORIKA DAKWAH KH. FATURROHMAN
Main Author: | Fatimatu Zahro, 1223102045 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2334/1/FATIMATU%20ZAHRO_RETORIKA%20DAKWAH%20KH.%20FATURROHMAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2334/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2334/ |
Daftar Isi:
- Makna dakwah adalah memanggil atau mengajak kepada jalan Alloh swt. Dakwah akan menarik apabila disampaikan dengan dengan baik dan benar. Maka kemungkinan besar dakwah akan cepat tersampaikan. Agar dakwah seorang da’i tersampaikan maka di butuhkan untuk menguasai retorika. Retorika adalah seni berbicara dihadapan masyarakat luas yang mana tujuan dari pengaplikasian terhadap dakwah ialah dapat merubah pola pikir masyarakat agar kembali kepada jalan Allah. Indicator daripada dakwah itu tersapaikan adalah job dakwah yang semakin padat. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Retorika Dakwah KH. Faturrohman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa pernyataan dari subjek penelitian yang diamati. Sumber data penelitian ini yaitu berupa dua sumber yaitu data penelitian primer dan sekunder. data primer pada penelitian ini data dapat diperoleh dari KH. Faturrohman melalui wawancara secara langsung, sedangkan data sekundernya adalah data yang diperoleh dari dokumen, buku-buku, video, artikel, atau leteratur lainya yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dalam ceramah KH. Faturrohman, ia gunakan semua penerapan unsur-unsur retorika pada dakwahnya yang terdiri dari ethos, pathos dan logos. Ethos berarti berpengetahuan luar dan mudah dipercaya, kemudian pathos adalah menyampaikan materi yang memotivasi, dan yang terakhir adalah logis atau menyampaikan materi dengan apa adanya tanpa rekayasa apapun.