STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA SAMBEL LAYAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Perusahaan Sambel Layah Di Jalan Dr.Soeparno Purwokerto)
Main Author: | Nur Istiqomah, 1223205024 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2329/1/NUR%20ISTIQOMAH_STRATEGI%20KOMUNIKASI%20PEMASARAN%20PRODUK%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20VOLUME%20PENJUALAN%20%20PADA%20SAMB.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2329/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2329/ |
Daftar Isi:
- Dunia bisnis saat ini mulai berkembang pesat pada jenisnya mulai dari bisnis jasa maupun produk terdapat variasinya sendiri, salah satunya yang menunjukan perkembangan secara signifikan yakni bisnis di bidang kuliner. Bisnis di bidang kuliner akhir-akhir ini telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Hal ini disadari oleh rumah makan Sambel Layah sebagai salah satu rumah makan yang berdiri di tengah persaingan bisnis serupa.Komunikasi pemasaran merupakan pengembangan dari istilah promosi. Perbedaannya dengan promosi, komunikasi pemasaran lebih menekankan interaksi dua arah sedangkan promosi merupakan arus informasi satu arah. Komunikasi pemasaran terintegrasi menunjukkan keselarasan atau keterpaduan dalam hal tujuan, fokus dan arah strategi antar elemen bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, personal selling, public relation, direct dan online marketing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran produk untuk meningkatkan volume penjualan dalam perspektif ekonomi Islam di Perusahaan Sambel Layah Corporation Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif atau menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dari rumah makan Sambel Layah Purwokerto meliputi produk, harga, tempat, promosi, promosi penjualan, dan pemasaran langsung dan packaging. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan sudah menggunakan perspektif ekonomi Islam. mengkomunikasi pemasarannya terhadap publik rill bisnis menawarkan sesuai dengan apa yang dipromosikannya dan apa yang disajikannya di Outlet Sambel Layah. Proses mempromosikan barang dagangannya sesuai dengan akad dan prinsip muamalah dalam Islam tanpa adanya penipuan, propaganda, iklan palsu, kecurangan, kebohongan dan mengingkari janji.