PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANMATEMATIKA DI MIN KARANGSARI KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Suswati, 1223310009 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2311/1/SUSWATI%20__%20PENGARUH%20PERAN%20ORANG%20TUA%20TERHADAP%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIK.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2311/2/COVER__BAB%20I__BAB%20V__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2311/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehmelemahnyasemangatbelajarmatematikapadasiswa MIN KarangsariKembarantahunpelajaran 2016/2017.Karenaselainfaktorinternaldarisiswa, faktoreksternaldarilingkungankeluargamerupakanfaktor yang sangatberpengaruhpadamotivasibelajarsiswa.Dalamhaliniperan orang tuadalammendidikdanmemotivasianaksangatpenting.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhperan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di MIN KarangsariKembarantahunpelajaran 2016/2017. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan(field research) denganmenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif.Lokasipenelitian di MIN KarangsariKembaran.Subjekpenelitianiniadalahsiswa-siswi MIN KarangsariKembaran.Populasipenelitianiniberjumlah 567 siswa, sedangkansampel yang ditelitiadalah 115 siswa.Metode sampling yang digunakanadalah cluster sampling area.Metodepengumpulan data dilakukandenganobservasi, angket, dokumentasidanwawancara.Teknikanalisis data yang digunakanadalahkorelasiKendall’s dan Spearman’sdenganmenggunakan program SPSS 21. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaangketperan orang tuadanangketmotivasibelajarmatematikaberdistribusitidak normal.Olehkarenaitupenelitimenggunakanstatistikinferensial non parametrikdengandihasilkansignifikansi 0,000 yang artinyaadapengaruh yang signifikanantarvariabelperan orang tuadanmotivasibelajarmatematika.SedangkanhasilujikorelasimenunjukkanuntukujiKendall’s sebesar0,291 yang menunjukkankorelasirendah, danuntukuji Spearman’s sebesar0,413 yang menunjukkankorelasisedanguntukvariabelperan orang tuadenganvariabelmotivasibelajarmatematika.