PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANMATEMATIKA DI MIN KARANGSARI KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Suswati, 1223310009
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2311/1/SUSWATI%20__%20PENGARUH%20PERAN%20ORANG%20TUA%20TERHADAP%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2311/2/COVER__BAB%20I__BAB%20V__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2311/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehmelemahnyasemangatbelajarmatematikapadasiswa MIN KarangsariKembarantahunpelajaran 2016/2017.Karenaselainfaktorinternaldarisiswa, faktoreksternaldarilingkungankeluargamerupakanfaktor yang sangatberpengaruhpadamotivasibelajarsiswa.Dalamhaliniperan orang tuadalammendidikdanmemotivasianaksangatpenting.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhperan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di MIN KarangsariKembarantahunpelajaran 2016/2017. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan(field research) denganmenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif.Lokasipenelitian di MIN KarangsariKembaran.Subjekpenelitianiniadalahsiswa-siswi MIN KarangsariKembaran.Populasipenelitianiniberjumlah 567 siswa, sedangkansampel yang ditelitiadalah 115 siswa.Metode sampling yang digunakanadalah cluster sampling area.Metodepengumpulan data dilakukandenganobservasi, angket, dokumentasidanwawancara.Teknikanalisis data yang digunakanadalahkorelasiKendall’s dan Spearman’sdenganmenggunakan program SPSS 21. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaangketperan orang tuadanangketmotivasibelajarmatematikaberdistribusitidak normal.Olehkarenaitupenelitimenggunakanstatistikinferensial non parametrikdengandihasilkansignifikansi 0,000 yang artinyaadapengaruh yang signifikanantarvariabelperan orang tuadanmotivasibelajarmatematika.SedangkanhasilujikorelasimenunjukkanuntukujiKendall’s sebesar0,291 yang menunjukkankorelasirendah, danuntukuji Spearman’s sebesar0,413 yang menunjukkankorelasisedanguntukvariabelperan orang tuadenganvariabelmotivasibelajarmatematika.