KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Pada Tokoh Imbok dan Papindalam Film Serdadu Kumbang)

Main Author: Wahyu Setiawati, 1123301120
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2291/1/WAHYU%20SETIAWATI_KOMPETENSI%20KEPRIBADIAN%20GURU%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2291/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2291/
Daftar Isi:
  • Guru merupakan komponen terpenting dalam pendidikan. Namun sayangnya dewasa ini guru sedang tajam disoroti oleh masyarakat. Berbagai kasus yang disebabkan oleh kepribadian guru yang kurang baik, sering kita dengar di berita-berita elektronik, majalah, maupun surat kabar. Misalnya ada oknum guru yang menampar siswanya karena tidak bisa menahan marah, ustad yang mencabuli muridnya dan kasus-kasus lainnya. ini semua merupakan kabar yang sangat menyedihkan bagi dunia pendidikan Islam. Oleh karena itu kompetensi kepribadian harus dimiliki lebih dahulu oleh seorang guru. Pentingnya seorang guru memiliki kepribadian yang baik karena guru adalah sosok yang menjadi teladan dan panutan bagi murid-muridnya. Seorang guru itu tidak hanya dilihat dari aspek keilmuannya saja akan tetapi dari aspek kepribadinnya juga harus di perhatikan dan terus di kembangkan. Dari beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, salah satu caranya adalah dengan menggunakan film. Film Serdadu Kumbang merupakan salah satu film yang dapat dijadikan reverensi untuk meningkatkan kepribadian seorang guru, karena film tersebut merupakan salah satu film pendidikan yang menginspirasi, syarat akan nilai-nilai pendidikan dan kepribadian guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Bagaimana kompetensi kepribadian guru yang dimiliki tokoh Imbok dan Papin dalam Film Serdadu Kumbang perspektif pendidikan Islam?”Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Objek dari penelitian ini adalah film Serdadu Kumbang. Dan sasarannya adalah para pendidik dan calon pendidik. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan content analysis (analisis isi) dan dari analisis tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalahbila di lihat melalui kacamata pendidikan Islam kompetensi kepribadian yang dimiliki tokoh Imbok dan papin H. Mesa dalam film Serdadu Kumbang merupakan aplikasi nyata dari kompetensi kepribadian sebagai sosok guru yang sesuai dengan kriteria kepribadian pendidik dalam Islam. Kompetensi kepribadian tokoh Imbok dan papin H. Mesa adalah Mantap danStabil, Dewasa, Arif, Berwibawa, dan Berakhlak Mulia.