GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 KARANGCENGIS

Main Author: Pagas Tawilaga, 1123303056
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2249/1/cover-%20bab1-%20bab5%20-daftar%20pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2249/2/bab%201-5%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2249/
Daftar Isi:
  • Lembaga pendidikan yang merupakan tempat untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas, tidak lepas dari usaha-usaha kepala sekolah, guru, orang tua siswa, masyarakat dan komite sekolah. Dalam hal ini yang mempunyai peran dalam membawa sekolah menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas adalah pemimpinnya. Yang dimaksud pemimpin disini adalah kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Karangcengis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Karangcengis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian adalah guru dan karyawan, kepala SD Negeri 1 Karangcengis. Objek penelitian adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 1 Karangcengis . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 1 Karangcengis telah berjalan sesuai dengan fungsi kepemimpinan pendidikan dan pendapat Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto yaitu fungsi yang berhubungan dengan tujuan yang hendak dicapai dan fungsi yang berhubungan dengan penciptaan suasana pekerjaan yang sehat dan menyenangkan sambil memeliharanya. Kepala sekolah SD Negeri 1 Karangcengis menggunakan gaya kepemimpinan demokratik. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah