Daftar Isi:
  • Pada saat ini kabupaten Banyumas mengalami perkembangan yang cukup pesat, banyak sekali pembangunan-pembangunan dan pembenahan-pembenahan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah Banyumas. Beberapa waktu yang lalu pemerintah Banyumas mengadakan sayembara cipta logo dan tagline city branding (Pemasaran Kota) kabupaten Banyumas. Hal ini bertujuan untuk menjual Banyumas ke masyarakat baik dalam maupun luar, wisatawan dan para investor. Desa Banteran merupakan salah satu desa yang terletak di pinggiran kota atau pedesaan yang tepatnya berada di wilayah kecamatan Sumbang, sehingga jika dilihat dari letak geografisnya desa Banteran berada jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, penduduk desa Banteran dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan kabupaten Banyumas tidak semudah seperti yang diperoleh oleh masyarakat yang berdomisili di perkotaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman penduduk Desa Banteran Kecamatan Sumbang terhadap City Branding “Better Banyumas”. Penelitian ini merupakan penelitian survey, dengan jumlah sampel 380 responden. Hasil dari penelitian menunjukan sebagian besar jawaban responden tidak paham mengenai city branding ”Better Banyumas” dengan total 53,3% dari total seluruh frekuensi jawaban. Total frekuensi jawaban terkecil adalah sangat paham, hanya 1,9% dari total seluruh frekuensi jawaban. Kata Kunci: Tingkat Pemahaman, Penduduk, City Branding, Better Banyumas, Survei.