Pemanfaatan Laboratorium Bahasa dalam Pembelajran Maharatul Istima’ Kelas VII di Mts Ihsaniyah Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang
Main Author: | Nurur Rojanah, 1223302039 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2224/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2224/2/NURUR%20ROJANAH_PEMANFAATAN%20LABORATORIUM%20BAHASA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MAHARATUL%20ISTIMA%E2%80%99%20%20DI%20MTS%20IHSANI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2224/ |
Daftar Isi:
- . Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya Guru yang menyepelekan penyampaian materi pelajaran dengan asal-asalan hanya membacakan lalu menerangkan secara singkat tidak memperdulikan apakah siswa paham dengan apa yang Ia sampaikan. Banyak media yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalm menyampaikan pesan pembelajara. adapun salah satu sekoala yang telah memanfaatkan media ialah MTs Ihsaniyah Banyumudal kecamatan Moga kabupaten Pemalang. Sekolah tersebut telah memanfaatkan media berupa laboratorium bahasa yang sangat membantu siswa untuk memahami pelajaran yang disampaikan Guru. Berdasarakan rumusan masalah yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan laboratorium bahasa dalam pembelajaran maharatul istima’ pada siswa kelas VII di MTs Ihsaniyah Kec. Moga Kab. Pemalang Jenis Penelitian penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna dari data yang telah dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan laboratorium bahasa dapat digunakan dalam pembelajaran mahartul istima’ denganteknik yang benar yaitu menggunakan kaset audio, VCD/DVD player, dubbing, dan komputer. Kata Kunci :Laboratorium Bahasa, Maharatul Istima’