IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO

Main Author: :KhoeriyatulKhotim, 1223301076
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2211/1/KHOERIYATUL%20KHOTIM_IMPLEMENTASI%20PENDEKATAN%20SAINTIFIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2211/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUISTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2211/
Daftar Isi:
  • Kurikulum 2013 menjadiperbincanganhangatdalamduniapendidikanterutamamengenaiadanyaperubahanpadapendekatanpembelajarandan proses penilaiannya. Pendekatanpembelajaran yang digunakanadalahpendekatansaintifikataupendekatanilmiah.Pendekataniniharusditerapkandalampembelajaran agar pembelajaranmenjadilebihaktif.Penerapanpendekatansaintifikdalampembelajaranharusdidukungolehmetodepembelajaran yang sesuaisepertimetodediscovery learning.ApalagiuntukpembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Metodeinidirasatepatuntukmenyampaikanmateri-materi yang berhubungandengankonsep-konsepajaran Islam.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuitujuanpenggunaan, karakteristik, sertabagaimanajalannyapenerapanpendekatansaintifikdenganmetodediscovery learning dalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Purwokerto. Jenispenelitianiniadalahrisetlapangan (field research), denganmenggunakanpendekatankualitatifdanbersifatdeskriptif.SubjekpenelitianiniadalahWakaKurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri, sertapesertadidik SMK Negeri 1 Purwokerto.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.Metodeanalisis yang digunakanolehpenulisadalahreduksi data (data reduction), penyajian data (data display), danverifikasi (conclusing drawing). Berdasarkanhasilpenelitian yang penulislakukan, dapatdiambilkesimpulanbahwapendekatansaintifikdenganmetodediscovery learning dalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekertibertujuanuntukmeyakinkan, memahamkan, danmenguatkankonsepajaran Islam dalamdiripesertadidiksehinggamerekadapatmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari. Karakteristikpembelajaraniniadalahadanyakeaktifanpesertadidikterhadappembelajaran, adanyapemberianmasalaholeh guru untukdipecahkanolehpesertadidik, danadanyabimbinganoleh guru padaawalpembelajaranuntukmengarahkanpesertadidikdalammenemukankonsepdanmateripelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti agar tidakkeliru. Langkah-langkahpendekatansaintifikdenganmetodediscovery learning dalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi PekertimeliputikegiatanMengamatimelaluiStimulation, MenanyamelaluiProblem Statement, MencobamelaluiData Collection, MenalarmelaluiData Processing danVerification, danMengkomunikasikanmelaluiGeneralization.