Efektivitas Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran IPA Kelas III di MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas
Main Author: | Diah Ayu Feri Sela, 1123305049 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/220/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/220/2/DIAH%20AYU%20FERI%20SELA_EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20MEDIA%20GAMBAR%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPA%20KELAS%20III%20DI%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20KALIWANGI%20KECAMATAN%20PURWOJATI%20KABUPATEN%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/220/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran IPA di kelas banyak permasalahan yang di hadapi oleh siswa dan guru. Permasalahan yang sering dialami siswa ketika pelaksanaan pembelajaran IPA salah satunya adalah peningkatan nilai siswa dalam materi pembelajaran. Permasalahan pada skripsi ini adalah Bagaimana efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran IPA terhadap prestasi belajar siswa Kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas III A dan III B MI Ma’arif NU Kaliwangi. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media gambar dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media gambar masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,548, efektivitas media pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,308dan peningkatan prestasi belajar dengan media gambar lebih baik dibandingkan dengan peningkatan prestasi belajar media pembelajaran konvensional pada materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi. Berdasarkan hasil uji Mann- Whitney dari nilai rata-rata posttest prestasibelajar diperoleh signifikansi P (0,061) >∝(0,05), Ho diterima dan