IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III POKOK BAHASAN GERAK BENDA DI MI MA’ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Fatkhul Amam, 092335014
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2199/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2199/2/FATKHUL%20AMAM_IMPLEMENTASI%20METODE%20EKSPERIMEN%20PADA%20PEMBELAJARAN%20IPA%20KELAS%20III.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2199/
Daftar Isi:
  • Belajar merupakan suatu proses atau kegiatan, bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat tetapi juga mengalami.Hasil dari belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan, melainkan pengubahan kelakuan.Hal tersebut melatar belakangi skripsi ini.Pendekatan pembelajaran IPA selama ini masih menekankan pada konsep-konsep yang terdapat di dalam buku (tekstual) belum memanfaatkan pendekatan kontekstual lingkungan dalam pembelajaran secara maksimal.Salah satu pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA ini adalah dengan menggunakan eksperimen.Dengan bereksperimen guru mengajak siswa berinteraksi langsung dengan lingkungan belajar siswa.Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, karena siswa lebih merespon terhadap pelajaran yang disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana metodeeksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016”.Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai Metode eksperimen di MI Ma’arif NU Teluk. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode eksperimen pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Ma’arif NU Teluk dalam proses pembelajaran IPA sudah baik, karena selain menggunakan metode ceramah pembelajaran IPA juga menerapkan penggunaan metode eksperimen. Hal ini dianggap tepat dibelajarkan pada kelas III untuk melancarkan dan membuat siswa paham dan mengerti tentang pokok bahasan gerak benda. Penilaian yang dilakukan oleh guru yaitu secara komprehensif atau keseluruhan antara lain dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kata kunci: metode, metode eksperimen.