Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan para pendidik yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan sikap hormat, tanggungjawab, dan kedisiplinan kepada peserta didiknya. Karakter yang dipengaruhi oleh moral peserta didik akan memudar bahkan hilang jika pendidik tidak menekankan dengan benar terhadap pengembangan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu, pendidik dalam hal ini guru harus mengajarkan dan menanamkan pendidikan-pendidikan moral yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari agar peserta didik tidak mudah terpengaruh oleh nilai dan moral yang tidak sesuai dengan niali religius dan nilai-nilai kebaikan. Penelitian ini berjudul Implementasi Nilai Karakter Religius dan Peduli Lingkungan di Sekolah Alam Baturraden yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang terintegrasi melalui kegiatan-kegiatan sekolah dan mengetahui bagaimana langkah-langkah implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang terintegrasi pada kegiatan-kegiatan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data. Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang diitegrasikan ke dalam kegiatan-kegiatan sekolah berupa kegiatan belajar mengajar, kegiatan pembiasaan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler, serta melalui peneladanan para fasilitator. Melalui implementasi nilai karakter yang diintegrasikan dalam kegiatan sekolah, peserta didik diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan mengimplementasikan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.