INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA DI MTs TANBIHUL GHOFILIN BAWANG BANJARNEGARA
Main Author: | Siti Mufti’ah, 1223308082 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2188/1/SITI%20MUFTI%E2%80%99AH_INTEGRASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20AKIDAH%20AKHLAK%20PADA%20SISWA%20DI%20MTs%20TA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2188/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2188/ |
Daftar Isi:
- Pendidikankaraktermerupakan proses pemberiantuntutankepadapeserta didikuntukmenjadimanusia yang seutuhnyayang mampumemberikankeputusanbaikburuk, memeliharaapa yang baik, danmewujudkankebaikanitudalamkehidupansehari-haridengansepenuhhati.Untukmerealisasikandalamkehidupan, pendidikankarakterharusdilakukansecaraterusmenerus, dariusiadinisampaidewasabahkansepanjanghidupmanusiaitusendiri. Karaktersetiapmanusiaberbeda-bedademikianjugadengankaraktersiswamadrasah tsanawiyah. Sekolahmemilikiperanan yang paling strategisdalampelaksanaanpendidikankarakter. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pendidikan karakter di sekolah, salah satunya dengan pengintegrasian nilai karakter ke dalam proses pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan karakter dalam pembeplajaran Akidah Akhlak pada siswa di MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara. Dalamsekolahtersebut, pendidikan karakter juga diterapkan dengan pengintegrasian dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara. yang berjumlah 239 siswa dan 4 orang informan yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, guru BK, dan gurumata pelajaran Akidah Akhlak.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data yang digunakanadalahdenganteknikreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukannnilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII adalah diantaranya : religius, disiplin, jujur, peduli sesama, demokratis, gemar membaca, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, dan sopan santun. Nilai-nilai karakter tersebut disisipkan pada proses pembelajaran dengan metode pembiasaan, keteladanan nilai, metode serta penjernihan nilai. Kata Kunci: Integrasi PendidikanKarakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dan SiswaMadrasah Tsanawiyah