Media Pembelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Iqlima Istinganah 1223305050

Main Author: Iqlima Istinganah, 1223305050
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2185/1/IQLIMA%20ISTINGANAH%20_MEDIA%20PEMBELAJARAN%20IPA%20KELAS%20IV%20%20DI%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20PANDANSAR.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2185/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2185/
Daftar Isi:
  • Media Pembelajaran merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh guru untuk membantu siswa memahami suatu pelajaran tertentu. Penggunaan media pembelajaran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, disiapkan, dan dilaksanakan oleh guru ketika proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berlangsung. Karena penggunaan media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil dari pembelajaran itu sendiri, apabila media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan, maka hasil yang dicapai akan maksimal. Penelitian ini mendeskripsikan tentang macam-macam media yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Dan bagaimana penggunaan media pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MI Ma’arif NU 1 Pandansari. Subjek penelitiannya adalah guru pengampu mata pelajaran IPA kelas IV sekaligus guru kelas IV di MI Ma’arif NU 1 Pandansari. Sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Metode analisis datanya adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan : macam-macam media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU 1 Pandansari ini adalah media papantulis, media berbasis cetak : buku paket dan LKS, media foto atau gambar, media benda konkret, dan media LCD Proyektor. Kriteria pemilihan media yaitu: menyesuaikan media dengan materi, mudah dipahami siswa, mampu membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan langkah-langkah dalam penggunaan media pembelajaran meliputi tiga langkah yaitu : persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.