STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF NU KARANGJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Kulsum Indriati, 1123308026
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2182/1/KULSUM%20INDRIATI_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH%20DI%20MTS%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20KARANGJAT.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2182/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2182/
Daftar Isi:
  • Strategi Pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar. Strategi pembelajaran pada dasarnya adalah tindakan nyata dari guru atau praktek guru melaksankan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan lebih efisien. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang penerapan strategi pembelajaran aktifpada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU Karangjati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016, khususnya pada masalah pemilihan tipe strategi pembelajaran aktif dan pengelolaan kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU Karangjati, diterapkan dengan cukup variatif dan sudah berjalan dengan baik. Strategi pembelajaran aktif yang biasa digunakan guru,antara lain: Guided Teaching, Mind Mapping, Group Investigation, Information Search, Resume kelompok, Debat Yang Efektif, True or False, dan Index Card Match. Dalam pemilihan strategi pembelajaran aktif, guru menyesuaikan denganmateri pelajaran yang akan disampaikan dan tujuan pembelajarannya. Strategi pembelajaran aktif yang diterapkan pada pembelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU Karangjati, dapat mengefektifkan proses belajar mengajar sesuai dengan yang direncanakan, dan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan mampu merancang kegiatan pembelajaransehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan tujuan pendidikan.