Pencapaian Kompetensi Inti Sikap Sosial Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Di MTs Al- Masruriyah Baturraden-Banyumas Tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Harjo Nugroho, 102332059 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2174/1/HARJO%20NUGROHO_PENCAPAIAN%20KOMPETENSI%20INTI%20SIKAP%20SOSIAL%20KURIKULUM%202013%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20AR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2174/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2174/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam konsep kurikulum 2013 dikenal dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatau program, atau menyelesaikan suatu pendidikan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pencapaian kompetensi inti sikap sosial kurikulum 2013 dalampembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Al- Masruriyah Baturraden-Banyumas tahun pelajaran 2016/2017Provinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus atau field researchdimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk mendiskrisikan suatu proses fenomena di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapain kompetensi inti sikap sosial kurikulum 2013 peserta didik dari kelas VII s/d IX di MTs Al-Masruriyah Kebumen Baturraden-Banyumas, kususnya pada kelas VII terdiri dari kelas VII.A, VII.B dan VII.C memiliki kompetensi sesuai peraturan pemerintah dan peraturan madrasah MTs Al-Masruriyah. Berdasarkan fokus peneliti pembelajaran bahasa Arab, peserta didik menguasai dengan baik kompetensi inti sikap sosial dengan indikatornya sesuai kurikulum 2013 sebagai mana tercantum dalam peraturan silabus dan SKL. Pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Masruriyah menggunakan pembelajaran akti, kreatif efektif dan menyenangkan,dengan acuan referensisesuai peraturan pemerintah dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah agar keterampilan berbahasa tercapai pada pencapaian kompetensi inti sikap sosial kurikulum 2013.