Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Furqon Pancasan Ajibarang Banyumas
Main Author: | NurKhittoh, 1223308063 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2160/1/NUR%20KHITTOH%20__%20PENERAPAN%20METODE%20AN-NAHDLIYAH%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20TAMAN%20PENDID.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2160/2/COVER__BAB%201__BAB%20V__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2160/ |
Daftar Isi:
- Al-Qur’an merupakansumberpendidikan Islam danjugamerupakanMukjizatNabi Muhammad SAW, membacanyamerupakanibadah. Allah SWT akanmelimpahkanpahalabagisiapasaja yang membaca, memahamidanmengamalkanisidari Al-Qur’an. Yang terjadisaatinibanyak orang yang bisamembaca Al-Qur’an, namuntidaksedikit orang yang melakukankesalahanbaikdarisegimakhrajatautajwidsehinggamakna yang terkandungdalam Al-Qur’an menjadiberbedabahkansalah.Metode An-Nahdliyahmerupakanmetode yang mengedepankanketukan titian murotalsehinggaterciptaketeraturanbacaansesuaidengankaidahilmuTajwid.Berdasarkanlatarbelakang, makapermasalahan yang diangkatolehpenelitiyaitu :“BagaimanakahPenerapanMetode An-NahdliyahDalamPembelajaranMembaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-FurqonPancasanAjibarangBanyumas?” TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaPenerapanMetode An-Nahdliyahdalampembelajaranmembaca Al-Qur’an di TPQ Al-FurqonPancasan.Objekpenelitianinipenulisfokuskanpadapenerapanmetode An-Nahdliyahpadapembelajaranmembaca Al-Qur’an.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdimanaditujukanuntukmenyajikan data danmenganalisis data sesuaidenganapa yang terjadi di lokasipenelitian. Tehnikpengambilan data melaluiobservasi, wawancaradandokumentasi.Untukanalisis data digunakanmetodeinduktifyaituanalisisberdasarkan data yang diperolehdenganlangkah-langkahnyapertamareduksi data, keduapenyajian data, danketigaverifikasi. Hasilpenelitian yang dapatpenulisungkapkanbahwa proses pembelajaran 6 jilid An-Nahdliyahdan Program Sorogan Al-Qur’an (PSQ) adalahmenggunakanmetodeceramah, metodedemonstrasi, metode drill, danmetodetanyajawab. Proses evaluasipembelajaranpada 6 jilid An-Nahdliyahadalahevaluasiharian, evaluasiakhirjiliddanEvaluasiBelajarTahapAkhir (EBTA), danpada PSQ proses evaluasipembelajaranadalahevaluasiharian, evaluasibulanandanmunaqosah. Hal inimenunjukkanbahwapenerapanmetode An-Nahdliyahdalampembelajaranmembaca Al-Qur’an di TPQ Al-FurqonPancasansudahbaikdansebagianbesarsudahsesuaidenganteori yang terdapatpadabukupanduan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah yang disusunoleh LP Ma’arifCabangTulungagung yang dibuktikandengankesesuaianpraktekpadalangkah-langkahdalam proses pembelajaranmembaca Al-Qur’an dan proses evaluasipembelajarandari 6 jilid An-Nahdliyahdan PSQ denganmempertimbangkanaspekmateri, kebutuhansantri, ustadz/ustadzah, danwaktu yang tersedia