PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB KUNCUP MAS KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: BurhanSyahroni, 102338120
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2157/1/BURHAN%20SYAHRONI%20---%20PELAKSANAAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20PADA%20SISWA%20TUNARUNGU%20DI%20SLB%20KUNCUP%20MAS%20KEC.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2157/2/COVER%20--%20BAB%20I%20--%20BAB%20V%20--%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2157/
Daftar Isi:
  • Latarbelakangpenelitianiniadalahbahwasiswatunarungusebagaisiswa yang memilikiketerbatasanfisik, padahakikatnyamemilikikompetensi yang tidakkalahdengansiswa normal.Siswatunarungujugamemilikikesempatan yang samadalammemperolehpembelajaran, termasuk di dalamnyapembelajaranPendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam sebagaimatapelajaranwajib di sekolahmenjadiupayauntukmembentukkaraktersiswa yang berakhlakmulia. PembelajaranPendidikan Agama Islam di SLB Kuncup Mas KecamatanBanyumasKabupatenBanyumasmenggunakanberbagaimetode, pendekatan, strategidan media sertaevaluasi yang bervariasi.Hal-haltersebutditerapkandalampembelajarandengantetapmenyesuaikandengankemampuansiswatunarungu.RumusanmasalahdalamskripsiiniadalahbagaimanapelaksanaanPendidikan agama Islam di SLB Kuncup Mas KecamatanBanyumasKabupatenBanyumas. Penelitianiniadalahpenelitiankualitatif yang bertujuanuntukmengetahuidanmendeskripsikanpelaksanaanPendidikan Agama Islam padasiswatunarungu di SLB Kuncup Mas KecamatanBanyumasKabupatenBanyumas.Subyekpenelitianiniadalah guru PAI dansiswatunarungu, sedangkanobyekpenelitiannyaadalahpelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam.Sedangkanmetodepenelitian yang digunakandalampengumpulan data yaitumetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanpenulisadalahmetodeanalisis data kualitatif. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa: (1) Guru telahterbuktimelaksanakanpembelajaranPendidikan Agama Islam danberusahamenggunakanberbagaimetode, pendekatan, strategidan media yang cukupbervariasi. (2) FaktorpendukungdanpenghambatmewarnaipelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam. (3) Berbagaiupayadilakukanuntukmengatasifaktor-faktorpenghambatdalampelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam, diantaranyamengupayakanterapiwicarabagisiswatunarungu, mengupayakansaranadanprasaranapengganti, meningkatkankompetensi guru kelas/PAI, memaksimalkanwaktupembelajaran yang ada.