PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP YANG MENGUNTUNGKAN DAN MEMBAHAYAKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH TIMBANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LilisUmiyati NIM 1223310031

Main Author: LilisUmiyati, 1223310031
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2155/1/LILIS%20UMIYATI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20POKOK%20BAHASAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2155/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2155/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terjadi di kelas II MI MuhammadiyahTimbangKejobongKabupatenPurbalingga semester I Tahunajaran2016/2017 adalahpesertadidikkurangmemahamimatapelajaran IPA PokokbahasanMakhlukHidup yang MenguntungkandanMembahayakan. Hal inidapatdilihatdarihasiltesawalpesertadidik yang memperolehnilai di atasKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yang ditentukanyaitu 70, hanyaada 7 siswa yang tuntasdari 15 siswadengannilai rata-rata 62,66 denganpresentasi46,67%. KajiandalampenelitiantindakankelasiniadalahPeningkatanHasilBelajar IPA Melaluistrategicard sortpadasiswakelas II Di MI MuhammadiyahTimbangKecamatanKejobongKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2016/2017. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswakelas II matapelajaran IPA pokokbahasanmakhlukhidup yang menguntungkadanmembahayakan. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK). Siklusterdiridariempattahapyaitu: perencanaan, tindakan, pengamatandanrefleksi. Sasaranpenelitianiniadalahsiswakelas II MI MuhammadiyahTimbangKecamatanKejobongKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2016/2017.Denganmenggunakanmetodepengumpulan data, observasi (pengamatan) danmetodedukumentasi. Adapunanalisis data dalampenelitianinidibedakanmenjadiduayaitukuantitatifdankualitatif (berupates) penelitianalisis, dan data kualitatifberupahasilobservasi. Setelahditerapkanstrategicard sortpeningkatanhasilbelajarsiswakelas II MI MuhammadiyahTimbangmengalamipeningkatandarikondisiawalsebelumpembelajaranmenggunakanstrategicard sortnilai rata-rata 62,66 denganpresentasi 46,67% dari 15 orang pesertadidikhanya 7 pesertadidikyang tuntas. Padasiklus I nilai rata-rata 74,66 denganpresentasi 73,34% dari 15 pesertadidikbertambahmenjadi 11 pesertadidik yang memenuhi KKM. Sedangkanpadasiklus II terjadipeningkatanmenjadi 14 pesertadidikdengannilai rata-rata 84,66denganpresentasi 93,34%. Makapenelitianinidapatdikatakanberhasil.