IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs AL-IKHSAN BEJIKECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Tri Margono, 1223308018 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2153/1/TRI%20MARGONO_IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20DISIPLIN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2153/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2153/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter sangat penting bagi siswa agar lahir kesadaran bersama untuk membangun karakter generasi muda bangsa yang kokoh. Sehingga, mereka tidak terombang-ambing oleh modernisasi yang menjanjikan kenikmatan sesaat serta mengorbankan kenikmatan masa depan yang panjang dan abadi. Salah satu karakter yang tidak kalah penting untuk ditanamkan pada diri peserta didik sejak dini ialah pendidikan karakter disiplin. Karakter disiplin seharusnya dipahami sebagai faktor penting dalam membentuk karakter siswa, karena betapa besarnya peran pendidikan karakter disiplin dalam membentuk perilaku seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di MTs Al-Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas?”. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai pendidikan karakter disiplin di MTs Al-Ikhsan Beji. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pendidikan karakter disiplin pada siswa MTs Al-Ikhsan melalui beberapa cara, yaitu keteladanan, pembiasaan, dan pengkondisian. Adanya berbagai cara ini berasal dari arahan Kepala Madrasah yang diberikan kepada guru dalam rangka mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin pada siswa.