STUDI TENTANG PEMAHAMAN GURU BAHASA ARAB TERHADAP KONSEP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PADA MADRSAH TSANAWIYAH (MTs) DI KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016/2017

Main Author: Wilda Fitriyani, 1223302051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2151/1/WILDA%20FITRIYANI_STUDI%20TENTANG%20PEMAHAMAN%20GURU%20BAHASA%20ARAB%20TERHADAP%20KONSEP%20RENCANA%20PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20%28RPP%29%20PADA%20MADR~1.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2151/2/WILDA%20FITRIYANI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2151/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman guru bahasa Arab terhadap konsep rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dikarenakan guru bahasa Arab selain mengajarkan materi bahasa Arab, juga harus mampu memahami konsep rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman guru bahasa Arab terhadap konsep rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada madrasah tsanawiyah (MTs) di kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang tahun 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara detail tentang pemahaman guru bahasa Arab terhadap konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada madrasah Tsanawiyah (MTs) di kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang tahu 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab di MTs. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pemahaman guru bahasa Arab terhadap konsep rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru bahasa Arab terhadap konsep rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada madrasah tsanawiyah (MTs) di kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang belum seutuhnya memahami konsep rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan perlu memahami lebih mendalam lagi.