STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHANIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN SOHIROH NIM.1223304029

Main Author: SOHIROH, 1223304029
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2147/1/SOHIROH_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20SEJARAH%20KEBUDAYAAN%20ISLAM%20DI%20MA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2147/2/Cover_BabI_BabV_Daftarpustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2147/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilalatarbelakangiolehpermasalahn yang dihadapiduniapendidikan agama Islam yaknilemahnya proses pembelajaran, anakkurangdidorongdalamkemampuanberpfikir. Proses pembelajaran di dalamkelasdiarahkankepadakemampuananakuntukmenghafaltanpadituntutmemahamiinformasi yang diingatnyaituuntukmenghubungkandengankehidupansehari-hari Penelitianinitermasukjenispenelitianlapangan(filed research)yang bersifatdeskriptitifkualitatif. Dalamkegiatanini yang menjadisubjekpenelitianadalah guru matapelajaran SKI, kepalasekolah MIWI, dansiswakelas IV MIWI Kebarongan.Adapunobjekpenelitiannyayaitustrategipembelajarandalampembelajaransejarahkebudayaan Islam.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapelaksaanstrategi yang digunakandalampembelajaran SKI di MIWI kebarongan Metodepengumpulan data yang digunakanuntukmemperoleh data-data yang berkaitandenganpenelitianiniyaituobservasi, metodewawancara, danmetodedokumentasi. Sedangkanmetodeanalisis data yang penulisgunakanmeliputitigatahapyaitutahapreduksi data-data, penyajian, dantahappenarikankesimpulanHasilpenelitianinimenunjukkanbahwa guru pengampu SKI menggunakanstrategi yang bervariasipadamasing-masingindikator, yaitustrategi index card match, role playing, team quiz, danbenarsalahberantai