STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA USAHA MIKRO DAN KECIL (StudiKasus: BPRS KhasanahUmmatKembaranBanyumas)
Main Author: | TIARA DINI ARIFAH, 1223203083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2145/1/TIARA%20DINI%20ARIFAH_STRATEGI%20PENGEMBANGAN%20PRODUK.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2145/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2145/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Strategi pengembangan produk pembiayaan musyarakah pada Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus: BPRS Khasanah Ummat Kembaran Banyumas)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh BPRS Khasanah Ummat Kembaran Banyumas, dan bagaimana analisis SWOT daristrategipengembanganprodukpembiayaanmusyarakah pada UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan pola deduktif yang diambil dari pernyataan yang bersifat umum lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus sehingga dari yang khusus diketahui hasil dari strategi pengembangan produk pembiayaan musyarakahpada usaha, mikro dan kecil (UMKM) dan bagaimana analisis SWOT, Studi Kasus: BPRS Khasanah Ummat Kembaran Banyumas. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara pegawai BPRS Khasanah Ummat, dokumentasi yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan produk pembiayaan musyarakahpada usaha, mikro dan kecil (Studi Kasus: BPRS Khasanah Ummat) adalah dengan melakukandesainindustriuntukmemaksimalkanfungsiproduk, pengembanganarsitekturtidaksignifikan, strategi internal dan eksternal. Strategi internal berupa diskusi antara pihak bank dan karyawan dan melakukan promosi brosur yang disediakan di ruangan kantor BPRS Khasanah Ummat Kembaran Banyumas. Sedangkan strategi eksternal adalah dengan kegiatan melakukan promosi terus-menerus, melakukan MOU, mengadakan even, penambahan pasar yang dibina oleh BPRS Khasanah Ummat, dan analisis SWOT denganmengoptimalkanmutuprodukdankualitaspelayanan. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka BPRS Khasanah Ummat Kembaran Banyumas dengancaramenekankanlagiciri yang menonjoldariprodukpembiayaan di banding dengan bank lain, pelayanan prima danmengoptimalkanfungsiprodukdenganmengapreasiasiparausahawanuntukmeningkatkanpenghasilannya. Kata Kunci:Pengembanganproduk, PembiayaanMusyarakah, UMKM.