“PERAN GURU AQIDAH AKHLAK SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS”
Main Author: | Nurul Hikmah, 092331011 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/214/1/Cover%2CBab%20I%2CV.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/214/2/NURUL%20HIKMAH_PERAN%20GURU%20AQIDAH%20AKHLAK%20SEBAGAI%20MOTIVATOR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/214/ |
Daftar Isi:
- Pembinaan akhlak adalahusaha atau tindakan menanamkan sifat dalam jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Dan agar pembinaan tersebut terlaksana agar tujuan tercapai maka membutuhkan motivator. Motivator adalahOrang (Perangsang) yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu; pendorong; penggerak. Petugas yang ditunjuk untuk memberikan penerangan dan motivasi. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran guru aqidah akhlak sebagai motivator terhadap pembinaan akhlak untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran Guru Aqidah Akhlak Sebagai Motivator Terhadap pembinaan akhlak terpuji siswa di MI Ma’arif Karang Pucung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.. dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Serta untuk pengolahan datanya menggunakan metode deskripsi analisis melalui tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa peran guru aqidah akhlak sebagai motivator terhadap pembinaan akhlak siswa di MI Ma’arif Karang Pucung adalah untuk mendorong, mengarahkan serta memelihara akhlak terpuji pada siswanya. Kata Kunci: Peran Guru sebagai motivator terhadap Pembinaanakhlaksiswa