MANAJEMEN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MI ISLAMIYAH KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | Fatimah Isnaeni Alfahmi, 1223303010 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2128/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2128/2/FATIMAH%20ISNAENI%20ALFAHMI%20--%20MANAJEMEN%20MUTU%20TENAGA%20PENDIDIK%20DI%20MI%20ISLAMIYAH%20KROYA%20KABUPATEN%20CILACAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2128/ |
Daftar Isi:
- Kesuksesan guru dalam mengajar dapat dipengaruhi oleh kompetensi gurunya. Kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran didalam kelas, administrasi kelas dan sebagainnya disebabkan oleh ketidakmampuannya dalam melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pendidik. Maka dari itu dalam sebuah lembaga pendidikan, manajemen mutu tenaga pendidik merupakan suatu hal yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah. Karena dari manajemen mutu inilah adanya aktivitas yang mengacu kepada kompetensi guru serta adanya aktivitas dalam program guru bermutu. Yang hasilnya akan berdampak pada kualitas output siswanya. Dan sebagai institusi pendidikan yang memposisikan dirinya sebagai penyedia jasa, sekolah dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan dari pelanggan. Permasalahan yang akandijawabdalampenelitianiniadalahbagaimanamanajemen mutu tenaga pendidik di MI Islamiyah Kroya? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen mutu tenaga pendidik di MI Islamiyah Kroya. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangandenganmenggunakanpendekatankualitatif.Subjekdalampenelitianini, kepalasekolah, pengawas madrasah, masyarakat (orangtua wali murid).Teknik yang digunakanuntukmengumpulkan dataadalahteknikobservasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik yang digunakanuntukmenganalisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Dari hasilpenelitian ini menunjukan bahwa manajemen mutu tenaga pendidik di MI Islamiyah Kroya termasuk dalam kategori bermutu tenaga pendidiknya terbukti adanya manajemen mutu diantaranya kebijakan kualitas, tujuan, tanggungjawab yang di implementasikan melalui alat manajemen yakni perencanaan kualitas, pengendalian kualitas, penjaminan kualitas, dan peningkatan kualitas dari ketujuh komponen ini sasarannya mengacu kepada kompetensi guru serta adanya aktivitas program-program yang menunjang perkembangan mutu tenaga pendidik. Dengan demikian dari pelaksanaan semua komponen tersebut banyaknya apresiasi masyarakat yang berkomentar bahwa kepribadian guru di MI Islamiyah terpuji, selain itu perfoma seluruh stakeholder yang ada di madrasah baik, administrasinya tersusun dengan rapi, disiplin waktu sesuai dengan tata tertib dan kode etik madrasah dan mampu mengaplikasikan ilmu yang di dapat dari berbagai pelatihan-pelatihan guru kedalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dengan baik sehingga menghasilkan output atau kelulusan siswa yang bermutu yang mampu bersaing dengan yang lain. Kata kunci: Manajemen Mutu, Kompetensi guru, Program guru bermutu