ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI

Main Author: AMIR RUDIN, 1223302004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2117/1/Amir%20Rudi_Analisis%20%20Butir%20Soal%20Ujian%20Kenaikan%20Kelas%20%20Mata%20Pelajaran%20Bahasa%20Arab%20Kelas%20Viii%20%20Di%20MTs%20Modern%20Al%20Azhary%20Ajiba~1.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2117/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2117/
Daftar Isi:
  • Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas serta kewajibannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran. Tes sebagai alat evaluasi diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang murid atau kelompok murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII di MTs Modern Al Azhary Ajibarang tahun pelajaran 2015/2016, apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, dan fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan program Anates versi 4.0.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs Modern Al Azhary tahun pelajaran 2015/2016 untuk validitas 70% valid dan 30% invalid. Reliabilitasnya tinggi memiliki koefisien sebesar 0,90. Tingkat kesukaran soal 14% sukar, 56% sedang, dan 30% mudah. Daya beda soalnya jelek sekali 6%, jelek 12%, cukup 38%, baik 36%, dan baik sekali 8%. Fungsi pengecoh 78% telah berfungsi dan 22% belum berfungsi. Kata kunci : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Daya Beda, Fungsi Pengecoh.