PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI MI MA’ARIF NU 03 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | RIA FITRIANY, 092335051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2110/1/RIA%20FITRYANI_Penggunaan%20media%20benda%20konkrit%20pada%20mapel%20mtk%20kls%20I%20di%20MI%20Ma%27arif%20NU%2003%20Kalikajar%20Karanganyar%20Purbalinga%20th%20pel%202013-2014.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2110/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas I MI Ma’arif NU 03 Kalijaran adalah kelas yang sudah menggunakan media bendakonkret pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran Matematika di kelas I di MI Ma’arif NU 03 KalijaranKecamatan Karanganyar Kabupaten PurbalinggaTahun Pelajaran 2013/2014. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Benda Konkret pada mata pelajaran Matematika kelas I di MI I Ma’arif NU 03 KalijaranKecamatanKaranganyarKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2013/2014”? Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media benda konkretpada mata pelajaran Matematika kelas I di MI Ma’arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya ataukah belum. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah berupa penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan mediabendakonkret. Obyek dalam penelitian ini adalah mediabendakonkretdalam penggunaan mediabendakonkret mata pelajaran Matematika kelas I di MI Ma’arif NU 03 KalijaranKecamatanKaranganyarKabupatenPurbalingga. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan mediabendakonkret pada mata pelajaran Matematika sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan pada bab 2. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menggunakan media bendakonkret sudah berjalan efektif dan siswa terlihat tertarik dengan menggunakan media tersebut. Kata Kunci :Benda Konkret, , Pembelajaran.