PENGARUH KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: FitrianaAlgitaNurandini, 011223432
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2105/1/FITRIANA%20ALGITA%20NURANDINI__Pengaruh%20Keaktifan%20%20Dalam%20Kegiatan%20Ekstrakurikuler%20Terhadap%20Hasil%20Bela.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2105/2/COVER__BAB%20I__BAB%20v__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2105/
Daftar Isi:
  • Ada duafaktor yang mempengaruhikeberhasilanpesertadidikdalammengikuti proses belajarmengajardanmencapaiprestasibelajar, yaitufaktor intern danekstern. Faktor intern adalah yang berasaldaridalampesertadidik, misalnya: motivasi, minat, bakat, sikap, dan lain-lain. Sedangkanfaktoreksternaladalahfaktor-faktor yang berasaldariluardiripesertadidik, misalnyakeadaanekonomisosial, lingkungan, saranaprasarana, guru, kurikulum, dansebagainya. Berkaitandenganuraian di atas, makasetiappesertadidik yang mengikutikegiatanekstrakurikulerakanmendapatmanfaatdarikegiatan yang diikutinya, yang dapatmendukungdalammengikutikegiatan proses belajardenganbaik, sehinggadapatmeraihprestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar peserta didik MI Darul Hikmah Bantarsoka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitiannya sendiri adalah keaktifan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Sampel penelitian ini adalah 225 responden dari kelas III-V.Teknik sampling yang digunakanyaitudisproportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh keaktifan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar peserta didik MI Darul Hikmah Bantarsoka. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,05. Artinya, pengaruh variabel X (keaktifan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler) terhadap variabel Y (hasil belajar peserta didik) adalah sebesar 5%. Daripersamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 63,624 + 0,181Xyang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 63,624. Koefisien regresi sebesar 0,181menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (hasil belajar peserta didik) sebesar 0,181. Kata Kunci: Keaktifan, Ekstrakurikuler, danHasilBelajar