PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS II MATERI POKOK BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT DI MI MA’ARIF NU 03 KALIJARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | REFI MUFAROKHAH, 1223310008 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2073/1/REFI%20MUFAROKHAH_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20KELAS%20II%20MATERI%20POKOK%20BAGIAN-BAGIAN%20UTAMA%20TUMBUHAN%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2073/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaa.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2073/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II MI Ma’arif NU 03 Kalijaran pada mata pelajaran IPA materi pokok Bagian- Bagian Utama Tumbuhan dan Kegunaannya. Hal ini di tunjukan dengan jumlah siswa yang berhasil mendapat nilai di atas KKM hanya 8 dari 19 siswa atau 42,1 %. Maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas II Materi Pokok Bagian-Bagian Utama Tumbuhan dan Kegunaannya Melalui Media Benda Konkret di MI Ma’arif NU 03 Kalijaran Tahun Pelajaran 2016/2017” Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Ma’arif NU 03 Kalijaran dengan jumlah siswa sebanyak 19 anak yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok Bagian-bagian Utama Tumbuhan dan Kegunaannya bagi siswa kelas II MI Ma’arif NU 03 Kalijaran. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 8 orang atau sebesar 41,2 %, menjadi sebanyak 13 siswa atau sebesar 68,4 % dari 19 siswa pada siklus I, dan naik menjadi 18 siswa atau 94,7 % dari 19 siswa pada siklus II. Hal ini berarti telah mencapai indicator keberhasilan yang ditentukan yakni 80 % siswa tuntas belajar. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, IPA, Media Benda Konkret, MI Ma’arif NU 03 Kalijaran