IMPLEMENTASI EVALUASI AUTENTIK KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 BUMIAYU
Main Author: | AHMAD NAZAL HADI FURQON, 102331143 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/207/1/AHMAD%20NAZAL%20HADI%20FURQON_IMPLEMENTASI%20EVALUASI%20AUTENTIK%20KURIKULUM%202013.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/207/2/Cover%2CBabI%2CV%2CDaftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/207/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 berusaha menyempurnakan penilaian, yaitu penilaian autentik. Penilaian yang didasarkan pada penceminan kemampuan peserta didik, penilaian yang didasarkan pada proses pembelajan bukan hanya hasil. Penilaian yang komprehensif antata input, proses dan output. Penilaian ini juga menitikberatkan pada tiga ranah yaitu sikap pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahuai pelaksanaan evaluasi autentik kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai Implementasi evaluasi autentik kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Bumiayu. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru dan Peserta didik SMP Negeri 4 Bumiayu. Teknika pengumpulan data yang dignakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), model atau penyajian data (data dispay), dan kesimpulan (conclution). Hasil penelitian implemetasi evaluasi autentik kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Bumiayu: (1) Teknik dan Instrumen Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu (a) aspek sikap, menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal. (b) aspek pengetahuan, menggunakan teknik tes tertulis, tes lesan dan penugasan (c) aspek keterampilan, menggunakan teknik tes praktek, penilaian proyek dan portofolio. (2) Hasil yang dicapai peserta didik dengan penilaian autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam mengalami peningkatan dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kata Kunci: Evaluasi Autentik kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam, dan SMP Negeri 4 Bumiayu.