NILAI-NILAI KEDISIPLINAN MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: EFI AFIFAH, 1223301026
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2067/1/EFI%20AFIFAH_NILAI-NILAI%20KEDISIPLINAN%20MELALUI%20EKSTRAKURIKULER%20KEPRAMUKAAN%20DI%20MTs%20MUHAMMADIYAH%20PATIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2067/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2067/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka yang diantaranya adalah bertujuan untuk menanamkan karakter disiplin bukan kegiatan baru dalam dunia pendidikan. Dalam kenyataan masih terdapat pesrta didik yang melanggar tata tertib sekolah. MTs Muhammadiyah Patikraja berusaha membentuk kepribadian peserta didik salah satunya melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Bagaimana Nilai-nilai kedisiplinan melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Muhammadiyah Patikraja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan mengetahui Nilai-nilai Disiplin dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Muhammadiyah Patikraja serta apa sajakah yang menjadi faktor penghambat dan mendukung dalam kegiatan Ekstrakurikuler. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan Kelas VIII MTs Muhammadiyah Patikraja Tahun Kademik 2016/2017 sebanyak 74 siswa. Penentuan subjek dengan pengambilan sample yaitu pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Nilai-nilai Kedisiplinan melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka telah berlangsung dengan cukup efektif. Nilai-nilai disiplin dalam kegiatan Pramuka berupa ketepatan, ketaatan, dan kepatuhan dalam mentaati segala peraturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah dan untuk Nilai-nilai kedisiplinan yaitu berupa kesadaran untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, baik itu sebagai ketua regu, tugas individu, dan tugas kelompok, Penghambat dan pendukung dalam kegiatan Pramuka, Adanya Struktur Organisasi yang telah terbentuk, Adanya sarana dan Prasarana MTs Muhammadiyah Patikraja yang memadai, Semangat siswa yang tinggi terhadap pramuka, Lingkungan Sekolah yang kondusif. Faktor Penghambat, Ada beberapa siswa yang jarang berangkat, cuaca yang tidak menentukan. Kata Kunci: Nilai-nilai, Kedisiplinan, Ekstrakulikuler Kepramukaan.