PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI STRATEGI CARD SORT SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA’ARIF NU LANGKAP KERTANEGARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Main Author: FeniWulandari, NIM: 1223310037
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2054/1/COVER_DAFTAR%20ISI_ABSTRAK_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2054/2/FENI%20WULANDARI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2054/
Daftar Isi:
  • Permasalan yang terjadi di kelas IV MI Ma’arif NU Langkap Kertanegara Purbalingga semester I tahunajaran 2016/ 2017 adalah siswa kurang memahamimata pelajaran IPA pokokbahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal siswa yang memperolehnilaidiatas Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) yang ditentukanyaitu 70, hanyaada 6 siswa yang tuntasdari 22 siswadengannilai rata-rata 59,09denganpresentasi 27,27%. Kajian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui strategi card sort padasiswakelas IV MI Ma’arif NU LangkapKertanegara Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokokbahasan PenggolonganHewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Penelitian ini menggunakan penelitiantindakan kelas (PTK). Siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatandanrefleksi. Sasaranpenelitianiniadalahsiswakelas IV MI Ma’arif NU Langkaptahunpelajaran 2016/2017.Denganmenggunakanmetodepengumpulan data, observasi (pengamtan) danmetodedokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianinidibedakanmenjadiduayaitukuantitatifdankualitatif. Data kuantitatif (berupa test) penelitianalisis, dan data kualitatifberupahasilobservasi. Setelah diterapkan strategicard sort peningkatan hasil belajar siswakelas IV MI Ma’arif NU Langkap mengalami peningkatan dari kondisi awal sebelum pembelajaran menggunakan strategi card sort nilai rata-rata 59,09 denganpresentsi 27,27%dari 22 siswahanya 6 siswa yang tuntas. Padasiklus I nilai rata-rata 70,22 denganpresentasi 63,63% dari 22 siswabertambahmenjadi 14 siswa yang memenuhi KKM. Sedangkanpadasiklus II terjadipeningkatanmenjadi 21 siswadengannilai rata-rata 86,36danpresentasi 95,45%. Makapenelitianinidapatdikatakanberhasil.