PENGEMBANGAN MAHARAH AL-KALAM MELALUI BI’AH LUGHAWIYAH DI MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN (MAK) PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 2 BENDA BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Mukaromah, 1223302035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2044/1/COVER_DAFTAR%20ISI_%20BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2044/2/MUKAROMAH_PENGEMBANGAN%20MAHARAH%20AL-KALAM%20MELALUI%20BI%27AH%20LUGHAWIYAH%20DI%20MADRASAH%20ALIYAH%20PROGRAM%20KEAGA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2044/
Daftar Isi:
  • Lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyah) merupakan bagian penting dalam mengembangkan kemahiran berbicara bahasa Arab. Pendekatan lingkungan merupakan suatu pendekatan yang berusaha untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pengembangan maharah al-kalam melalui bi’ah lughawiyah di MAK Alhikmah 2 Benda Brebes? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan subjek penelitian siswa, guru dan pembina bahasa MAK al-Hikmah 2 Benda. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam analisa data tersebut, dimulai dengan menelaah data, setelah data terhimpun, kemudian diklarifikasikan dan dianalisis isinya, diimpretasikan kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan bahasa yang ada di MAK Alhikamah 2 ini terbagi menjadi dua, yaitu lingkungan formal (bi’ah lughawiyah isthinaiyah) dan lingkungan non formal (bi’ah lughawiyah thabi’iyah). (2) Pelaksanaan pengembangan bahasa Arab siswa dilakukan dengan mengadakan berbagai macam kegiatan kebahasaan seperti ilqaul mutarodiat, muhadharah, muhadatsah, debat, drama, dan daurah ilmiyah, adapun pengembangan maharah al-kalam melalui bi’ah lughawiyah adalah dengan memanfaatkan beberpa space lingkungan bahasa yang ada di MAK, seperti lingkungan bicara (kelas dan asrama), lingkungan pandang dengar (mooving class dan laboratorium bahasa), dan lingkungan baca (perpustakaan, papanisasi dan taman). Melalui pemanfaatan lingkungan tersebut secara keseluruhan dapat mengembangkan skill/kemahiran berbahasa siswa terutama pada aspek maharatul kalamnya. Keyword: Pengembangan, Maharah al-Kalam, Bi’ah Lughawiyah